Tulang Daun Pisang Sejajar atau Menyirip?


Pisang menjadi salah satu buah favorit bagi semua orang. Tak berlebihan memang, pasalnya pisang bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan dan minuman yang lezat dan penuh gizi. Tak hanya buahnya saja, namun daun pisang juga bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan.

{tocify} $title={Table of Contents}

Pisang merupakan sebuah tumbuhan yang memiliki daun berwarna hijau muda hingga hijau tua dengan batang yang berwarna kecoklatan. Daun pisang sendiri memiliki bentuk oval. Tulang daun pisang sendiri termasuk tulang daun sejajar.

Seperti daun pada umumnya, daun pisang dengan tulang daun sejajar ini memiliki susunan atau struktur yang mencakup pelepah daun, tangkai daun, dan juga helai daun.

Fungsi Tulang Daun

Fungsi tulang daun termasuk pada daun pisang adalah sebagai bagian yang menjadi penopang daun itu sendiri. Tulang daun juga berfungsi agar daun pisang menjadi lebih kuat.

Fungsi tulang daun ini sama persis dengan fungsi tulang pada tubuh makhluk hidup lainnya, seperti hewan dan juga manusia. Selain untuk menopang daun, tulang daun ini juga berfungsi sebagai alat pengangkut zat-zat yang diperlukan oleh tanaman.

Jika diperhatikan lebih lanjut, bentuk tulang daun pada tanaman satu dengan lainnya itu berbeda-beda. Bentuk tulang daun antara pohon pisang dengan pohon jambu atau singkong juga terdapat perbedaan, meski fungsinya sama saja.

Bentuk tulang daun ini sendiri berfungsi untuk menentukan klasifikasi dan juga karakteristik yang dimiliki daun yang akan membentuk struktur rangka. Pola dari bentuk tulang daun ini juga berfungsi untuk membedakan spesies daun yang memiliki bentuk mirip.

Macam Tulang Daun Berdasarkan Susunannya

Tulang daun sendiri terbagi menjadi beberapa jenis yang membedakan satu tumbuhan dengan tumbuhan yang lainnya. Jika dilihat berdasarkan susunannya, tulang daun bisa dibagi menjadi empat jenis.

Keempat jenis tulang daun itu adalah tulang daun sejajar atau rectinervis, tulang daun menyirip atau penninervis, tulang daun menjari palminervis, dan juga tulang daun melengkung atau cervinervis.

Tulang Daun Sejajar atau Rectinervis

Tulang daun sejajar atau rectinervis adalah tulang daun yang berbentuk seperti garia-garis lurus yang sejajar. Tulang daun sejajar ini memiliki ciri-ciri tulang besar yang terdapat di tengah-tengah dengan tulang daun yang lebih kecil disisinya.

Contoh dari tumbuhan yang memiliki tulang daun sejajar atau rectinervis adalah daun tebu, daun padi, daun kelapa, rerumputan, daun jagung, dan juga daun pisang itu sendiri.

Tulang Daun Menyirip atau Penninervis

Tulang daun menyirip ini memiliki bentuk seperti tulang ikan yang memiliki tulang besar di bagian tengah dengan tulang-tulang kecil disamping kiri dan kanannya.

Kita bisa dengan mudah menemukan tumbuhan yang memiliki tulang daun menyirip atau penninervis. Sebut saja daun mangga, daun durian, daun nangka, daun jambu, daun rambutan, dan juga daun melinjo.

Tulang Daun Menjari atau Palminervis

Jika tulang daun menyirip seperti tulang ikan, maka tulang daun menjari ini memiliki susunan tulang daun seperti bentuk tangan yang dilebarkan atau direntangkan dengan ujung tangkai daun terdapat beberapa tulang yang terlihat seperti susunan jari tangan manusia.

Pada umumnya, tulang daun menjari ini memiliki jumlah ganjil dengan bagian tengah daun memiliki ukuran yang paling besar paling panjang jika dibandingkan dengan daun-daun disekitarnya.

Contoh tumbuhan yang memiliki tulang daun menjari atau palminervis sebut saja daun singkong, daun mentimun, daun labu, daun pepaya, dan juga daun jarak.

Tulang Daun Melengkung atau Cervinervis

Tulang daun melengkung atau yang disebut juga dengan Cervinervis ini memiliki susunan tulang daun berupa garis-garis lengkung. Tumbuhan yang memiliki tulang daun melengkung ini memiliki satu tulang daun yang besar di tengah dan tulang daun kecil lainnya yang berada di tepi daun.

Contoh tumbuhan dengan tulang daun melengkung atau cervinervis ini adalah daun waru, daun sirih, daun genjer, daun eceng gondok, dan juga daun gadung.

Jenis Tulang Daun Pisang

Merujuk dari penjelasan diatas, jenis tulang daun pisang adalah sejajar atau rectinervis, yang berarti tulang daun berbentuk seperti garia-garis lurus yang sejajar. Tulang daun sejajar ini memiliki ciri-ciri tulang besar yang terdapat di tengah-tengah dengan tulang daun yang lebih kecil disisinya.
Kode Senna

Seorang pria yang sedang belajar dan berusaha untuk menjadi lebih baik

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama